Home » » Melahirkan Tanpa Stress dengan Hypnobirthing

Melahirkan Tanpa Stress dengan Hypnobirthing


Proses kelahiran sering menjadi hal yang menakutkan bagi Mama yang sedang hamil. Cerita dari teman dan keluarga tentang proses kelahiran kadang malah membuat Mama lebih terfokus pada rasa takut dan sakit daripada rasa bahagia seusai menjalani proses kelahiran seorang bayi yang manis. Padahal ada teori yang mengatakan bahwa ketika seorang wanita merasa takut atau stress selama proses kelahiran, tubuhnya melepaskan hormon stress yang menyebabkan otot mengencang dan mengganggu proses kelahiran. Di sinilah Hypnobirthing menjadi penolong, karena latihan ini melatih pikiran Mama untuk lebih tenang dan rileks selama proses kelahiran, sehingga membantu Mama menjalankan proses kelahiran yang lebih lancar.

Hypnobirthing  adalah teknik melahirkan secara alami dengan relaksasi mendalam, pola pernafasan lambat, dan petunjuk cara melepaskan endorfin dari dalam tubuh, sehingga Mama dapat menjalankan proses kelahiran yang aman, lembut, cepat, dan tanpa proses pembedahan. Metode ini membantu Mama mengatasi rasa takut Mama, dan teknik pernapasan serta visualisasi Hypnobirthing membantu Mama menjalani proses kelahiran yang positif.

Hypnobirthing juga membantu Mama mengkoordinasikan fungsi pikiran, tubuh, dan jiwa secara harmonis, sehingga mencegah gangguan emosional sebelum dan sesudah proses kelahiran.  Teknik ini dapat dilakukan setiap wanita dengan mudah. Hypnobirthing bisa dimulai sejak kehamilan trimester pertama, tapi belum terlambat bila Mama baru memulainya sejak usia kehamilan 7 bulan.

Saat mempelajari Hypnobirthing, Mama akan mempelajari:

1. Metode pelepasan rasa takut yang membantu mama rileks dan percaya diri selama proses kelahiran
2. Cara merelaksasi diri Mama dengan self-hypnosis
3. Teknik pemijatan yang menstimulasi pengeluaran endorphin, ‘obat bius’ alami dari tubuh Mama, saat proses kelahiran
4. Latihan visualisasi yang membantu Mama tetap tenang dan positif
5. Cara menyatukan tubuh dan pikiran Mama dengan nyaman dan efisien

Selain bagi Mama, Hypnobirthing juga bermanfaat untuk janin, suami, dan tenaga medis. Proses kelahiran yang tenang dan tanpa obat-obatan membantu sang bayi terlahir dengan keadaan siap, dengan Mama yang siap menerima bayi dengan penuh kasih saying dan perhatian. Hal ini sangat berpengaruh bagi proses perkembangan dan pertumbuhan bayi di masa depan. Selain itu, karena Hypnobirthing membantu proses kelahiran yang tenang dan tidak traumatis, bayi cenderung menjadi lebih tenang, sehingga pada akhirnya dia akan tumbuh lebih baik dan tidur lebih tenang.

Untuk sang Papa, Hypnobirthing membantu Papa lebih tenang dalam mendampingi Mama saat proses kelahiran. Sementara bagi tenaga medis, Hypnobirthing membantu mereka menjalankan tugas mereka, karena Mama yang melakukan Hypnobirthing emosinya lebih stabil, sehingga proses persalinan umumnya akan lebih lancar dan cepat. Kemungkinan pemakaian obat bius juga menjadi lebih kecil, karena kemungkinan komplikasi persalinan lebih kecil. Proses pembukaan saat proses kelahiran menjadi lebih singkat, dan mengurangi kemungkinan penggunaan induksi persalinan.

Sebenarnya seberapa efektifkah Hypnobirthing dalam membantu Mama menjalankan proses kelahiran? Tidak seperti obat-obatan ataupun prosedur kelahiran lainnya, terapi seperti Hypnobirthing sulit untuk dievaluasi secara ilmiah. Tapi beberapa riset menemukan bahwa wanita yang melakukan Hypnobirthing membutuhkan lebih sedikit obat-obatan penghilang rasa sakit seperti epidural. Hypnobirthing.com menyatakan bahwa beberapa riset menyatakan bahwa hanya 23% dari wanita yang melakukan Hypnobirthing yang menggunakan epidural, dibandingkan lebih dari 50% wanita yang melakukan metode kelahiran ‘biasa’. Selain itu, hanya 17% wanita yang melakukan Hypnobirthing akhirnya melakukan operasi Caesar karena komplikasi, dibandingkan 32% wanita yang wanita yang melakukan metode kelahiran tradisional.

Para Mama yang sudah pernah menjalani proses kelahiran dengan metode Hypnobirthing mungkin tidak akan mengatakan bahwa proses kelahiran yang mereka lakukan benar-benar bebas rasa sakit. Tapi yang pasti proses kelahiran akan bebas dari rasa stres. Walaupun akhirnya proses kelahiran tidak bisa berjalan normal dan memerlukan operasi Caesar ataupun induksi, tapi rasa tenang yang Mama rasakan akan sangat membantu Mama dalam menjalaninya.

Sejauh ini belum ditemukan efek samping dari Hypnobirthing, karena metode ini tidak menggunakan obat-obatan kimia. Jadi kalau Mama tertarik menggunakan metode ini untuk proses kelahiran si kecil, silahkan berkonsultasi dengan dokter kandungan Mama.
Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Supported By : Sepatu Galvano | Adsensecamp | NeoBux
Copyright © 2011. Informasi Mama - All Rights Reserved
Template Modify by Adsense Indonesia
Proudly powered by Blogger