Home » » Sehobi Dengan Papa

Sehobi Dengan Papa





Papa, pernahkah anda merasa bahwa si kecil lebih dekat dengan Mamanya? Beberapa anggapan mengatakan bahwa anak laki-laki cenderung lebih dekat dengan Mama dibandingkan Papanya. Anak yang sehari-hari lebih banyak dengan Mamanya kemungkinan merasa kurang nyaman dengan Papanya karena tidak terbiasa, karena sejak dalam kandungan yang lebih dulu dikenal adalah sang Mama. Keterbatasan waktu juga seringkali menjadi benturan kedekatan Papa dengan si kecil, karena Papa harus bekerja mencari nafkah.

Trik agar Papa dekat dengan si kecil :
- Usahakan Papa hadir dalam aktivitas rutin anak, saat makan bersama di akhir pekan adalah waktu yang tepat.
- Menciptakan komunikasi walau Papa jauh dari rumah, telepon lah si kecil untuk lebih mengetahui perkembangan sehari-harinya. Anak akan merasa dibutuhkan saat Papa bertanya kegiatan mereka.
- Meluangkan waktu dengan berbagai permainan setelah pulang kantor, ataupun sesaat sebelum ke kantor. Biasanya permainan untuk anak laki-laki lebih “kasar” dari anak perempuan.
- Menjaga perasaan anak saat Papa berdua dengannya, rasa gelisah takut mengompol dan sebagainya akan terlihat jelas oleh si kecil.
- Mengikutsertakan si kecil dalam kegiatan Papa seperti mencuci mobil, mengutak-atik mobil atau motor. Jika anak banyak bertanya, jawablah dengan baik, jangan melarang si kecil agar ia juga menikmati kebersamaan dengan Papa.

Setelah Papa menggunakan trik tersebut, yakinlah akan ada saat dimana kalain berdua menyadari bahwa Papa dan si kecil memiliki hobi yang sama. Beberapa kesamaan hobi tersebut biasanya adalah :

Olahraga
Anak laki-laki umumnya lebih terbiasa dengan permainan fisik, olah raga seperti sepak bola, bela diri, lebih banyak digemari karena memang lebih banyak unsur fisiknya yang dipakai. Lazimnya, saat Papa menyenangi hobi tentang sepak bola, sang anak laki-laki mengikuti kesukaan Papanya.

Otomotif
Kebiasaan Papa mengutak-atik kendaraan sering diminati oleh si kecil. Awalnya mungkin hanya diam dan melihat, tapi sebagian anak yang agak lebih aktif biasanya malah sibuk bertanya. Pertanyaan ataupun sikap diam mengamati dari si kecil, cobalah untuk Papa sikapi dengan baik dan penuh kerjasama. Terlalu banyak pertanyaan jangan membuat Papa justru marah-marah karena anak bersikap bawel dan cerewet, atau saat anak diam mengamati jangan membuat Papa cuek dan berpikir si kecil tak tertarik. Kenali beberapa alat otomotif sederhana dan ringan pada si kecil.

Informatika
Pekerjaan Papa yang menggunakan komputer, laptop atau alat teknologi lainnya menjadi ketertarikan sendiri bagi si kecil untuk tahu apa yang Papanya kerjakan dan apa yang ada di dalam alat praktis tersebut. Mengenalkannya pada tahap awal yaitu melalui games atau permainan yang ada di komputer akan merangsang perkembangan otak anak. Saat si kecil ikut nimbrung, jangan Papa marahi karena ia telah mengganggu, beri pengertian kalau saat itu Papa sedang bekerja dan setelah bekerja Papa akan memperbolehkan anak untuk gantian menggunakannya.

Musik
Mengenalkan musik sejak dalam kandungan baik untuk perkembangan anak. Untuk tahap awal, kenalkan si kecil musik yang bernada ringan, tidak terlalu mengganggu telinga. Bila Papa menyenangi musik yang berirama keras dan kencang, berikan pengertian bahwa itu adalah musik untuk orang dewasa, maka segera Papa ganti dengan musik bernada lebih ringan. Biasanya Papa agak sulit untuk menyesuaikan musik kesukaan Papa dengan musik yang pas untuk anak, cobalah selalu untuk mencari bagian-bagian lagu anak yang juga mudah diterima oleh selera musik Papa. Sesekali mengikuti kemauan anak tidak ada salahnya bukan?

Masih banyak hal yang dapat mempersatukan antara kesukaan Papa dan si kecil. Namun jangan sekali-sekali memberi contoh kurang baik saat Papa sedang bersama si kecil. Ingatan anak tak ubahnya seperti kaset kosong, sekali ia melihat, mendengar atau merasakan, memori itu akan selalu tertanam di otaknya. Bagi si kecil, Anda tetaplah Papa yang terbaik tanpa harus Anda katakan setiap detiknya. Jangan pernah menganggap kecil seorang anak kecil, karena  batinnya telah dapat merasakan sejak ia masih dalam kandungan. Selamat hang-out bersama si kecil, Papa!
Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Supported By : Sepatu Galvano | Adsensecamp | NeoBux
Copyright © 2011. Informasi Mama - All Rights Reserved
Template Modify by Adsense Indonesia
Proudly powered by Blogger